SELAMAT DATANG. . . . . . . . .

SALAM KENAL. . . . . . . . .

Cari Blog Ini

Pengikut

Mengenai Saya

Anjir City, Kalimantan Selatan, Indonesia
Senin, 01 Maret 2010

SENI TARI

A. Tari Tradisional

jenis tari ini di bentuk dalam pola-pola tertentu dari adat istiadat, kebiasaan dalam masyarakat. sering berada dalam suatu upacara karena fungsinya. di duga tari-tari ini yang paling tua di kalimantan selatan yaitu :

1. Tari Balian
Gerakan harfiah, ekspresif, tak bervariasi dalam suatu ruang gerak yang sederhana,
tempo yang datar saja, dinamis, komposisi sepontan, namun terasa ma ini bermakna gis dalam suasana sakral, dan tari berlangsung relatif lama.Alat Musik penggiring yang sering digunakan untuk mengeringi tarian ini terdari dari kenong sebagai melodi, gendang sebagai ritme, bernada pantatonik di baringi oleh bunyi Galang Hiyang di tangan penari Balian, terasa harmonis dengan refleksi gerakan tariannya.

2. Tari Ba kanjar
Tari ini tari primitive ekspresif, dilaksanakan dalam upacara yang diikuti oleh pria suku Dayak ( Bukit ) saja. Desain kelompok bundaran menandakan tari ini sebagai tari tradisional. Nampak nilai kesatuan, persatuan dan kegotongroyongan dalam kosentrasi yang sakral.

B. Tari Klasik

1. Tari Baksa Kembang

Gerakan tariannya halus, di iringi irama gemelan, busana gemerlapan. Tari ini memvisualkan seorang putri sedang memetik bunga di taman, di rancang, dan di persembahkan kepada raja, permaisuri ataupun tamu.



2. Tari tirik pandahan
Tari ini adalah tari pergaulan berasal dari kabupaten tapin, konsep awal ger
akan step empat, khas pedalaman, berpadu dengan langkah japin melayu, dengan jiwa etnis banjar.

3. Tari tirik lalan
Gerakan tari ini berpola pada seni Silat Hulu Sungai, pengaruh klasik, karena busana yang gemerlap. Komposisi yang sederhana dan berpasangan pria wanita. Mudah di pelajari, memiliki gerak dinamis dan menarik.

4. Tari kuda gipang
Gerakan tari ini adalah pedalaman berasimilasi dngan gerakan japin, di pengaruhi garis gerak klasik, komposisi pasukan kuda berbaris, dengan iringan gamelan banjar, kurung-kurung dan sarunai. Walaupun kuda gipang berpola pada kesenian jawa, namun bentuknya yang khas banjar bukan lah jawa timuran.

5. Tari sinoman hadrah
Tari sinoman ini seperti tari rudat, namun tari ini berdiri dan berjalan. Penari sinoman memakai bendera warna-warni, kelihatan seperti tari bendera.

6. Tari japin pesisiran
Tari ini bersumber dari kesenian islam. Bertumpu pada gerakan kaki dan desain lantai. Irama pengiring telah terpengaruh Melayu dan lirik lagunya berbahasa daerah.

7. Tari Basisingaan
Bentuknya Darama tari, tetapi sederhana. Ada pengaruh klasik, tetapi konsep pedalaman sangat menonjol.
Tari ini menggambarkan dua ekor singa fantastic, dipelihara oleh sepasang suami isteri, yang menyindir tingkah polah kehidupan manusia.

8. Tari Babujukan
Tari ini ada didalam teater tradisional Mamanda, termasuk rumpun bagandut, tetapi lebih dekat dengan sebuah opera kaya khas banjar.

9. Tari baladon
Tari ini sebagai pembuka teater tradisional Mamanda. Gerakannya mirip dengan babujukan. Bernyanyi, berdialog sambil menari. Liriknya pantun.

10. Tari simbangan baru
Tari yang menggambarkan burung-burung dengan rajanya, berfungsi sebagai tari pertunjukkan , berasal dari Banjarmasin.

0 komentar:

Posting Komentar