SELAMAT DATANG. . . . . . . . .

SALAM KENAL. . . . . . . . .

Cari Blog Ini

Pengikut

Mengenai Saya

Anjir City, Kalimantan Selatan, Indonesia
Jumat, 26 Februari 2010

SENI MUSIK

A. Musik Tradisional

1. Musik Gamelan Banjar
Musik gamelan Banjar ini sebagai musik pengiring tari klasik Banjar yang terdiri dari Babun (gendang), Sarun satu, Sarun dua, Dawu, Kenung, Gung satu, Gung dua dan Kangsi. Selain mengiringi tari klasik banjar, berfungsi juga untuk mengiringi pergelaran Wayang Kulit Banjar, Wayang Gung, Kuda Gipang Carita, Teater Tantayungan dan Basisingaan. Ada kurang lebih 40 lagu gamelan Banjar dapat dimainkan. Misalnya lagu Paparangan, lagu Ayakan, lagu Katawang, wani-Wani dan lain sebagainya.




2. Musik Panting
Musik Panting berasal dari bahasa Banjar yaitu mamanting atau memetik. Karena musik ini dibunyikan dengan cara dipetik. Dahulu Musik Panting ini digunakan untuk mengiringi teater tutur seperti Baandi-andi atau bercerita, yang dimaikan secara tunggal oleh oarng yang bercerita tersebut.
Dalam perkembangannya usik Panting ini dapat pula mengiringi tari-tarian, seperti tari Japin atau tari rakyat lainnya, akhirnya musik Panting ini menjadi Orkes rakyat yang dapat dimainkan secara intrumental maupun mengiringi lagu-lagu daerah Kalimantan Selatan, dan dimasa kini musik Panting digunakan untuk acar perkawinan, hari-hari besar dan menyambut tamu

3. Musik Hilai / Kungkurung
Musik ini terdiri dari 7 batang bambu yang dibuat sedemikian rupa memenjang tinggi menjulang dari dibawah dasar bamboo dibuat alat agar berbunyi. Cara memainkan dihentakkan ketanah atau ada alas keras agar menimbulkan bunyi dan dimainkan oleh 7 orang pemusik.

4. Musik Kintung
Musik Kintung terdiri dari 5 bambu (Bahasa Banjar Paring, Buluh, Bumbung) yang dipotong pendek dandibelah setengah yang menghasilkan / mengeluarkan 5 nada dasar.

5. Musik Bumbung ( Bambu )
Musik bumbung berawal dari “ Bumbung Lamang” ( Beras ketan yang di baker dalam bambu ) yang kemudian di modifikasi di atonik, terdiri dari 7 nada dasar. Populasinya berada di desa barikin, kabupaten Hulu Sungai tengah.

6. Musik suling Bambu
Musik suling ini dimainkan secara improvisasi, terdiri dari piston 2 buah dan pengiring 9 buah suling dan di tambah dengan gendang, tambur, tok-tok dan pengiring lainnya. Musik ini berkembang didesa Batu Mandi kabupaten Balangan.

7. Musik Bamban
Musik bamban disebut karena musik ini lahir didesa bamban, kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kandangan. Sesungguhnya musik ini di sebut musik tambur garanci yaitu musik tiup (Dianotas) yang serupa dengan musik tanjidor (Betawi) berfungsi untuk mengarak pengantin, dan hiburan.

Miring
B.Musik Tunggal

1. Musik Kiriding
Musik kiriding adalah alat musik yang terbuat dari bamboo. Nama Kuriding diberikan oleh penduduk Hulu sungai tengah dan desa harakit kabupaten tapin. Lain lagi dengan penduduk kelurahan ulu Benteng kecamatan bakumpai kabupaten barito kuala menyebutnya guriding.
Alat musik kuriding atau guriding ini adalah alat musik mulut, bahannya dari bamboo, alatnya di tempatkan pada mulut dengan cara seperti aturannya, untuk membunyikan kuriding harus menarik tali tatarikan yang dipegang dengan tangan kanan dan teratur serta ada sentakan, sehingga menggertakan alat getar Kuriding tersebut.

2. musik kalngkupan/salung bamboo
Musik ini dibuat dari bamboo kecil tipis yang separohnya dipangkas memanjang agak meruncing disebut “Paring Tamiang” bentuknya seperti angklung.
Bamboo atau paring ini terdiri dari 5 potongan dan setiap potongan panjangnnya berbeda-beda. Potongan-potongan bamboo itu dirakit dengan tali rotan, sehingga merupakan satu rangkaian tangga nada yang siap dimainkan.

3. Musik sarunai
Musik ini tergolong aerofon atau alat musik tiuo, perkataan Sarunai atau serunai, yang di ambil dari kata surnai bahsa Persia. Surna dalam bahsa arab dan sahnaidari bahsa India. Musik ini terbuat dari Bambu atau kayu seperti suling terompet namun pendek, terdiri empat bagian yaitu mulut, sekat bibir, badan (batang) dan corong yang satu sama lainnya bisa dilepas dan dipasang kembali. Serunai berfungsi sebagai alat musik

0 komentar:

Posting Komentar